Jumat, 26 September 2014

Genre Cerpen dan Novel


Genre adalah kategori karya-karya fiksi populer. Ada beberapa genre utama yang dikenal dalam dunia literasi-fiksi, antara lain :

1.Romance
  Genre ini berfokus pada kisah pencarian kebahagiaan seorang wanita dan pria melalui hubungan asmara. Ada dua elemen dasar yang menjadi ciri khas genre romance, yaitu satu kisah asmara sebagai pusat seluruh cerita, dan ending yang memuaskan/ ending bahagia bagi para protagonisnya.



 
2.Science Fiction and Fantasy
  Dalam sains fiksi, penulis menggunakan  elemen imajinatif yang masih memungkinkan untuk terjadi dalam koridor dan hukum-hukum sains dan alam untuk penggerak plot cerita. Sedangkan dalam fantasi, penulis menggunakan elemen-elemen supernatural seperti sihir, makhluk-makhluk ajaib (Naga, Dewa-Dewi, sebagai penggerak utama plot cerita.


 
3.Historical Fiction
  Cerita fiksi sejarah selalu berakar pada fakta dan membuat sindiran terhadap peristiwa-peristiwa aktual di masa lalu. Hal ini penting bagi seorang
penulis fiksi sejarah untuk mengerti sejarah dengan baik.
 

4.Horror
  Genre horor bertujuan menimbulkan rasa ngeri, tidak nyaman, atau bahkan menakuti pembacanya.


 
5.Thriller ( Detective, Mystery & Crime)
  Genre detective dan mistery berpusat pada aktivitas pemecahan suatu kejahatan, biasanya pembunuhan. Sedangkan genre crime-fiction biasanya diceritakan dari sudut pandang pelaku kejahatan. Dari kemiripan genre ini, dapat dikelompokkan menjadi satu yang biasa dikenal dengan Thriller.
 


6.  Inspiratif
  Cerita jenis ini menyajikan kisah yang bisa memberikan inspirasi bagi pembaca. Tema yang disuguhkan beragam, mulai dari pendidikan, ekonomi, prestasi, juga percintaan.
 
 
7.  Adventure
  Gente adventure adalah cerita tentang  perjalanan,
  penaklukan alam, eksplorasi, gambaran tentang kerajaan, perjuangan dan situasi yang dihadapi tokoh
   utama atau tokoh-tokoh sejarah yang sebenarnya.

8.Biography
  Cerita yang menyajikan kisah tentang tokoh
besar. Baik itu perjalanan hidupnya, peristiwa penting yang
dilakukan oleh tokoh tersebut atau kisah kematiannya.

 
9. Religi
  Jenis cerita ini biasanya merupakan kisah romantis atau inspiratif yang ditulis lewat sudut pandang religi. Tak terbatas itu, ada juga cerita komedi yang ditulis dengan sudut pandang religi.


10.  Komedi
  Jenis cerita ini biasanya menceritakan kisah yang ringan. Gaya penceritaannya pun santai dan diiringi humor. 

 
11.METROPOP
  Dalam cerita Metropop, tema cerita berkaitan dengan kehidupan metropolitan. Latar sosial yang digambarkan dalam cerita metropop yaitu gaya hidup masyarakat.


12.  FANFICTION
  Fan fiction  adalah istilah luas yang ditetapkan untuk cerita tentang karakter atau setting yang ditulis oleh penggemar, bukan pencipta aslinya. Karya fanfiksi jarang diberi kuasa oleh pemilik karya asli tersebut.
 

1 komentar:

  1. Makasih kak artikelnya. Btw endingnya ngakak :')

    BalasHapus