Minggu, 17 November 2013

Contoh Blangko & Resensi Buku Non-Fiksi

Hallo! Sebelumnya saya pernah memposting tentang contoh resensi buku fiksi yang berupa novel. Kali ini saya akan mencoba memposting contoh resensi buku non fiksi. Sebelumnya, mengisi blangko untuk mengambil poin - poin yang akan diresensi, seperti berikut ini :




BLANGKO

1.      DATA PUBLIKASI BUKU
Judul Buku                     : Teknik Seni Bermain Gitar
Pengarang                      : Famoya
Editor                             : Terbit Terang                               
Penerbit                          : Terbit Terang Surabaya
Tahun Terbit                   : 1999
Ukuran Dimensi Buku     : 20 x 14 cm
Tebal                              : 80 halaman


2.      GAMBARAN ISI BUKU
Gitar merupakan alat musik dengan bentuk yang sering disamakan dengan body wanita dan menghasilkan melodi yang indah dengan cara memetik senarnya. Bentuk body gitar mempengaruhi baik dan tidaknya suara gitar. Dalam bermain gitar tidak hanya berpedoman teori nada minor dan mayor, melainkan dengan ketajaman feeling dan menyetem senar gitar. Selain itu untuk menghasilkan melodi yang indah tidak bisa asal petik, tapi menggunakan nada dasar pada accord dan menentukan kunci nada. Kunci nada dalam sebuah lagu harus sesuai dengan kemampuan suara penyanyi. Dengan demikian lantunan lagu dapat dinikmati dengan indah.

3.      JUDUL – JUDUL BAB
Bab I   : Body Gitar
Bab II  : Macam – Macam Nada
Bab III            : Menyetem Senar Gitar
Bab IV            : Bermain Melodi
Bab V  : Acord dan Kunci Nada
Bab VI            : Lagu

4.      HAL – HAL YANG MENARIK
v  Pada buku ini dijelaskan cara membedakan accord nada dan suara mayor maupun minor. Tanpa melihat accord nada tertentu, mendengar suaranya saja akan mampu membedakan nada ini dan nada itu.
v  Pada buku ini dijelaskan cara memilih gitar yang baik. Gitar yang baik adalah gitar yang tidak mengeluarkan suara fals setelah disetem. Jika gitar yang sudah disetem tapi tetap fals, artinya body gitar kurang baik.

5.      BAHASA BUKU
v  Gaya Bahasa
Buku ini menggunakan bahasa gaul yang mudah dimengerti oleh kalangan remaja yang ingin mempelajari teknik – teknik bermain gitar, sehingga pembaca dapat dengan mudah mempraktekkan bersama gitarnya.
v  Struktur Kalimat dan Diksi Kecermatan Ejaan
Pada isi buku ini, ada beberapa kalimat pada isi buku ini yang tidak nyambung, sehingga pembaca agak bingung mencerna maksud isinya. Namun penggunaan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) sudah cermat.




6.      ANALISIS TINJAUAN BUKU
v  Kelebihan dan Keunggulan Buku
a.       Buku ini menyertakan gambar kunci nada serta tabel accord agar para pemula dapat memahami dan fasih bermain gitar.
b.      Buku ini menyertakan daftar lagu yang tergolong mudah untuk dipelajari dalam bermain gitar bagi seorang pemula.
c.       Sampul buku ini menarik dan gambarnya sesuai dengan isi buku ini sehingga menarik perhatian untuk dibeli.
v  Kekurangan dan Kelemahan Buku
a.       Buku ini menggunakan kertas buram, sehingga pembaca merasa bosan dengan tampilannya.
b.      Ada beberapa kalimat pada isi buku ini yang tidak nyambung, sehingga pembaca agak bingung mencerna maksud isinya.
v  Manfaat Buku
Buku ini bermanfaat bagi para pembaca yang ingin belajar bermain gitar agar para pembaca yang masih pemula dalam bermain gitar bisa mengetahui teknik bermain gitar yang baik dan benar. Tidak hanya itu, buku ini bisa menjadi pedoman untuk para pengajar les gitar agar bisa lebih mudah  mengajar para murid dari isi buku ini.

7.      SARAN UNTUK DIPERTIMBANGKAN
Saran saya setelah anda membaca buku ini, anda diharapkan dapat mempelajari teknik bermain gitar dengan baik dan benar. Selain itu, diharapkan agar anda memanfaatkan kemampuan anda tidak hanya sekadar hobi, melainkan sebagai modal untuk mencari pekerjaan sebagai gitaris, dan sebagainya.

8.      JUDUL RESENSI
Cara Menaklukkan Si Seksi


Setelah mengisi blangko, barulah kita bikin resensi seperti berikut ini :







CARA MENAKLUKKAN SI SEKSI 


JUDUL BUKU

Teknik Seni Bermain Gitar



PENGARANG

Famoya



PENERBIT

Terbit Terang Surabaya



TAHUN TERBIT

1999



UKURAN DIMENSI BUKU

20 x 14 cm



TEBAL BUKU

80 halaman





          Gitar merupakan sebuah alat musik yang sangat populer dengan “Gitaris” sebagai sebutan untuk pemain gitar. Getar nurani menjadi seorang gitaris muncul alami yang menciptakan kreasi meluap tak kenal waktu, yang mungkin sejenis akademi hanya sebatas formalitas belaka, akan tetapi nurani darah seni lebih memotivasi yang dicita – citakan.


Gitar adalah alat musik dengan bentuk yang sering disamakan dengan body wanita dan menghasilkan melodi yang indah dengan cara memetik senarnya. Bentuk body gitar mempengaruhi baik dan tidaknya suara gitar. Dalam bermain gitar tidak hanya berpedoman teori nada minor dan mayor, melainkan dengan ketajaman feeling dan menyetem senar gitar. Selain itu untuk menghasilkan melodi yang indah tidak bisa asal petik, tapi menggunakan nada dasar pada accord dan menentukan kunci nada. Kunci nada dalam sebuah lagu harus sesuai dengan kemampuan suara penyanyi. Dengan demikian lantunan lagu dapat dinikmati dengan indah.


TEKNIK SENI BERMAIN GITAR ini merupakan buku yang menarik. Itu terletak pada bab Body Gitar yang menjelaskan cara memilih gitar dan bab Acord dan Kunci Nada yang memberikan sugesti bahwa tanpa melihat accord nada tertentu, mendengar suaranya saja akan mampu membedakan jenis nada.


Saat mencerna maksud dari isi yang dibahas, buku ini menggunakan bahasa gaul yang mudah dimengerti. Selain itu, Penggunaan EYD sudah cermat.


Setelah dibaca, ternyata buku ini memiliki keunggulan tersendiri yaitu sampul buku yang bagus dan gambarnya sesuai dengan isi buku ini sehingga menarik perhatian untuk dibeli. Selain itu, buku ini juga menyertakan gambar kunci nada serta tabel accord agar para pemula dapat memahami cara bermain gitar. Buku ini juga menyertakan daftar lagu yang tergolong mudah untuk dipelajari dalam bermain gitar bagi seorang pemula.


Saran saya setelah membaca buku ini anda diharapkan dapat mempelajari teknik bermain gitar dengan baik dan benar serta memanfaatkan kemampuan anda sebagai modal untuk mencari uang.
 



Nah, itulah sekilas contoh resensi buku non fiksi dari  saya. Apabila ada yang kurang atau salah, saya mohon maaf. Semoga bermanfaat untuk para pembaca. Sekian dan Terima Kasih! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar