Rabu, 04 September 2013

Contoh Resensi Novel

Berikut ini saya akan memposting contoh resensi sebuah Novel, to the point aja yah! :)




Cinta yang terpendam



Judul Buku               : I Love You, Good bye
Penulis                      : Fifi Alfiana Rosyidah
Kategori Buku          : Novel dan Cerita
Penerbit                    : Media Pressindo
Tahun Terbit             : 2011
Cetakan Pertama     : 2011
ISBN                           : 979 – 911 – 023 – 8
Tebal Buku               : 140 Halaman
Jenis Kertas              : Kertas Buram
Cover                          : Soft Cover
Dimensi                     : 13 x 19 cm
Harga Buku              : Rp 20.000,-





KEPENGARANGAN

I Love You, Good Bye adalah novel pertama dari penulis belia bernama lengkap Fifi Alfiana Rosyidah yang mengaku masih berseragam putih abu – abu di SMA Negeri 2 Jombang.
 Terbiasa mandiri, itu yang menyebabkan perempuan kelahiran 15 Oktober 1993 ini memilih tinggal di pondok pesantren Sunan Ampel di Jombang.
Saat ini, ia merupakan salah satu Mahasiswi Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. Kini, ia sibuk dengan kuliah, organisasi, tugas, liputan (ia juga memiliki pekerjaan yaitu sebagai reporter di ITS Online) dan akan menyukseskan beberapa proyek lainnya.


BAGIAN YANG MENARIK

·         Saat Anya dan Abel bermain sewaktu mereka masih anak - anak.
·         Saat keluarga Anya dan keluarga Abel menerka – nerka bahwa Anya dan Abel berpacaran.
·         Saat Anya tahu bahwa sahabatnya yang bernama Lely juga menyukai Abel dan Anya merasa dikhianati oleh Lely.
·         Saat Noval menyatakan perasaan cintanya pada Anya.
·         Saat Abel mengalami koma, ia seakan merasa bertemu Anya. Padahal Abel tahu bahwa sebenarnya Anya telah meninggal.


GAMBARAN SINGKAT
            Pernahkah kamu mencintai seseorang dengan sangat, kemudian sadar bahwa cintamu tak berbalas, namun, tak sedikitpun kamu berniat membuang rasa itu. Sebaliknya, diam – diam menyimpannya, membiarkan rasa itu tetap hidup di dasar hatimu. Tak peduli betapa perih yang kau rasa saat melihat dia berjalan dengan seorang wanita, dan itu bukan kamu, melainkan sahabatmu.
            Seperti itulah yang dirasakan Anya. Sepenuh hati memberikan cintanya untuk Abel. Cinta yang tak pernah padam walaupun dia tahu, Abel sangat membencinya.
            Cinta memang selalu indah, dan Anya telah membuktikannya dengan menjadikan Abel kisah terindah dalam hidupnya.
           

SINOPSIS
Seorang gadis bernama Anya mempunyai sahabat kecil yang bernama Abel. Anya mengidap peyakit keturunan yaitu asma. Karena penyakit itu Anya terlihat lemah, Pingsan adalah hal biasa yang dialami Anya.
 Abel dan Anya bersahabat dari kecil. Rumah mereka pun berdekatan, bermain, belajar bersepeda, selalu mereka lakukan bersama, namun persahabatan mereka berakhir setelah mereka lulus SD. Abel menemukan diary Anya dan pada diary itu tertulis bahwa sebenernya Anya menyukai Abel.
Beberapa tahun telah berlalu. Kini, Anya dan Abel tumbuh menjadi remaja SMA. Tapi ada yang berbeda dari Anya dan Abel. Kini, mereka tidak pernah bertegur sapa, seolah tidak pernah kenal satu sama lain. Semenjak Abel tau bahwa Anya menyukainya, ia menjauh dari Anya, dan Abel begitu membenci Anya. Setiap kali Abel bertemu Anya, Abel selalu memalingkan wajahnya dari Anya. Walaupun begitu, Anya senantiasa mencintai Abel. Cinta yang tak pernah padam. Walau dia tahu, Abel sangat membencinya. Tapi keluarga Anya sangat dekat dengan Abel dan keluarganya. Bahkan, keluarga Anya pun setuju jika Anya dan Abel berpacaran. Mereka pun sering meledek Anya pacaran dengan Abel ataupun sebaliknya.
Anya juga memiliki sahabat yang bernama Disa dan Lely. Disa dan Lely merupakan tempat curhatnya, dimana Anya selalu bercerita tentang Abel selain pada diarynya. Namun hal yang tak diduga adalah Lely, sahabat Anya juga menyukai Abel. Dari situ, Anya mulai merasa bahwa Lely telah mengkhianatinya. Anya pun merasa kesal pada Lely.
Namun ada seorang cowok bernama Noval yang merupakan teman Anya. Menurut Anya, Noval adalah sahabat yang menyenangkan baginya, karena ia selalu menghibur Anya saat sedih.
Noval dan Abel memiliki ulang tahun yang sama, yaitu pada 4 Juli. Saat ulang tahun Noval, Anya diajak ke pesta ulang tahun Noval, begitu banyak kejutan yang diberikan Noval pada Anya, dan Noval pun menyatakan perasaan cintanya pada Anya, namun Anya menolaknya dengan alasan tidak ingin pacaran. Hanya Abel yang Anya cintai, sahabat kecilnya yang sekarang membencinya.
Malampun mulai larut, Anya diantar pulang Noval. Namun sesampainya di rumah, Anya menghampiri seekor kucing yang ada di seberang jalan rumahnya, namun alam berkata lain. Anya tertabrak motor yang melaju begitu kencang, Anya sempat dilarikan ke rumah sakit, namun Anya tak dapat diselamatkan.
Tanpa Anya ketahui, sebenarnya Abel pun mempunyai perasaan yang sama pada Anya. Tapi Abel terlalu pengecut, dan tenggelam dalam ketakutannya jika suatu saat mereka tidak berjodoh dan mereka saling membenci. Abel belum siap kehilangan sahabat sebaik Anya, jadi Abel memendam perasaan itu. Abel sangat terpukul sepeninggal Anya. Ia masih terfikir bayang – bayang Anya. Ia menyesal telah cuek pada Anya.
Saat pulang sekolah, ia melajukan sepeda motornya dengan kencang. Kemudian ada truk yang menabraknya. Ia koma selama 1 minggu. Pada saat koma, ia merasa seakan bertemu Anya, dan menyampaikan perasaannya pada Anya. Ia juga meminta maaf dan mengaku menyesal telah cuek pada Anya. Anya pun memaafkannya. Lalu, Anya menghilang. Abel pun siuman setelah koma selama 1 minggu. Ia mulai sabar dan tabah menghadapi cobaan yang diberikan Allah padanya dan berjanji pada dirinya sendiri untuk selalu kuat menjalani hidupnya walau tanpa Anya.


KELEBIHAN
            Pada novel ini, ceritanya dapat membuat pembaca menjadi terhanyut akan kesedihan karena pada setiap kalimatnya mudah dimengerti sehingga para pembaca dapat menangkap maksud dari isi novel ini.



KEUNGGULAN
            Pada novel ini, cerita pada bagian akhirnya memiliki unsur sad ending, yang jarang ditemukan pada novel Indonesia lainnya yang pada umumnya memiliki unsur happy ending. 


sekian dulu deh, semoga bermanfaat.

ohya, makasih juga buat penulis novelnya ^^
           

27 komentar:

  1. Kayaknya mantap, tapi sad ending ya, gak tega bacanya.. haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sad ending.
      kalo gak tega bacanya mending sambil nonton acara lawak, biar sedihnya gak berasa wkwk :D *plak

      Hapus
  2. Terima kasih kak,, ini sangat membantu,,

    BalasHapus
  3. Resensinya bagus, menarik untuk membaca novelnya lebih lengkap :D
    Thanks.

    BalasHapus
  4. Benar sekali. Cerita menarik buat para remaja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, endingnya jg ngejleb. pas buat para galauers ^^

      Hapus
  5. Menarik sekali ini cerita jadi kepingin beli novelnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, moga aja di toko buku msh ada ^^

      Hapus
  6. analisis unsur intrinsik sama kesimpulannya ga ada ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setauku kyaknya gk ada. coba cari referensi2 lain aja :)

      Hapus
  7. Maaf sebelumnya, saya hanya menambahkan. Unsur-unsur resensi diatas benar. Nah, dalam unsur resensi diatas dimuat Kepengarangan. Kepengarangan itu diisi dengan latar belakang penulis, karier kepenulisan, karya-karyanya dan gaya pengarang. terus juga, resensi diatas hanya dituliskan keunggulannya saja. Sedangkan untuk resensi, seharusnya dimuat keunggulan serta kelemahannya. Dan terakhir penutup : kesimpulan dan saran/timbangan kepada calon pembaca. Karena salah satu tujuan resensi adalah memberikan pertimbangan kepada pembaca tentang pantas atau tidaknya buku tersebut mendapat sambutan. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kritik dan sarannya^^
      - btw, soal karya2 pengarang tidak dicantumkan pada biodata narasi di novel.
      - soal kelemahan dan kekurangan memang sengaja tidak saya cantumkan, demi agar lbh banyak pecinta novel yg ingin membaca novel ini.
      - kalau adanya kesimpulan dan saran pd pembaca, saya kurang tw. saya kira itu hanya berlaku pd buku non fiksi saja.

      btw, terimakasih yah. ini sangat membantu saya utk meresensi buku lbh lanjut. ^^

      Hapus
  8. thank you kak cantik udah ngeshare contoh resensi sebuah novel :D :D semoga bermanfaat deh buat saya ;)

    BalasHapus
  9. boleh nih buat tugas bikin resensi
    ijin copas yh :D

    BalasHapus
  10. Boleh. Jgn lupa ksh "kelemahan & kekurangan" ya. Good Luck bwt tugasnya :)

    BalasHapus
  11. Balasan
    1. yap, si penulis emang pinter membawa pembaca terhanyut dlm suasana cerita (y)

      Hapus
  12. kak,boleh minta izin copy kan kak.,,,??? boleh ya,,,bwat tugas sekolah ;( :)

    BalasHapus
  13. kak, ini sama kayak resume gasih? aku bingung resume itu kayak gimana? ;(((

    BalasHapus
  14. kak, ini sama kayak resume gasih? aku bingung resume itu kayak gimana? ;(((

    BalasHapus
  15. Resume itu sprt mencatat kembali dlm sebuah ringkasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya kak, membantu banget. ijin dijadiin referensi tugasyaa

      Hapus
    2. Sip! Moga bermanfaat :)

      Hapus